Siapkan 10 Hal Berikut Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 22 Agustus 2024, 16:46:40

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melakukan umrah, Anda pasti bingung tentang hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, registrasi, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa tenang beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang harus Anda siapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini hingga selesai.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus diketahui adalah ibadah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang kuat. Maka dari itu, jamaah yang akan melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan jasmani yang kuat agar ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kebugaran dengan makan makanan yang bernutrisi, serta minum makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai merutinkan berolahraga, seperti jogging, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam beribadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain fisik yang kuat, Anda juga wajib menyiapkan ruhani Anda agar bisa benar-benar tenang dalam beribadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, serta keikhlasan yang tinggi. Sebab bagi orang yang menjalankan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan keluarga untuk beberapa waktu. Selain hal tersebut, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang harus dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Kelengkapan Data

Dokumen yang wajib dipenuhi sebelum umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima booking tempat menginap, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang harus diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper guna membawa barang yang Anda bawa. Satu koper besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas kecil. Masing-masing bisa dipenuhi dengan barang bawaan sesuai keperluan. Misal untuk baju ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk diisi alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa , kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Belajar Tentang Ibadah Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini seringkali terabaikan, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama pentingnya saat kita hendak melaksanakan suatu ibadah, kita wajib mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urut-urutannya supaya tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda dapat mencari sumbernya yakni dengan membaca buku panduan umrah, berselancar di internet tentang umrah, dan sharing dengan orang yang sudah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Jasa Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, Anda memilih biro jasa travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca ulasan pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi umrah sehingga informasi layanan mereka dapat Anda cermati melalui online, misalnya dengan mengakses web, mendapat notifikasi surat elektronik dan SMS untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat terkait kesehatan yang tidak baik, mempunyai alergi tertentu, dan membutuhkan konsumsi obat-obatan khusus, Anda perlu membawa obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat pelaksanaan ibadah umrah. Selain itu, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak gosok, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Membawa Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak macamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa cadangan kain dan juga baju cadangan ihram yang dibutuhkan. 

Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga sahabat. Agar tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, agar Anda ingat dan tidak terlewat saat berdoa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga ketahanan fisik saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, bawa di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itulah 10 hal yang wajib Anda siapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak perlu disiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id